Menebak Calon Menteri Pertanian Jokowi, Apakah Nurdin Abdullah?

Jakarta -Nama-nama calon menteri untuk kabinet Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) sudah mulai beredar. Tapi dari nama-nama tersebut belum terlihat sosok kuat untuk menjadi menteri pertanian.

Pertanian menjadi sektor yang penting saat ini, mengingat Indonesia masih mengimpor bahan-bahan pertanian, bahkan hingga peternakan.


Dari seleksimenteri.com yang dilakukan oleh detik.com. Ada sejumlah nama calon menteri pertanian yang dipilih. Nama-nama tersebut adalah Bayu Krisnamurthi, Dwi Andreas Santosa, Nurdin Abdullah, dan Rusman Heriawan.


Menarik untuk disimak adalah profil Nurdin Abdullah. Profesor pertanian kelahiran 7 Februari 1963 ini sukses membangun pertanian di Bantaeng, kabupaten di Sulawesi Selatan.


Dari informasi yang didapat detikFinance saat berkunjung ke Banteng, Nurdin yang menjadi Bupati sejak 2008 ini bertekad memajukan pertanian Bantang karena penyakit Tungro tanaman padi yang terjadi di wilayah tersebut.


Kala itu, sekitar 600 hektar tanaman padi di Bantaeng terserang penyakit Tungro, dari total luas sawah 7.500 hektar. Ini akibat bantuan benih unggul yang kurang tepat, dan transfer teknologi yang sangat minim.


Nurdin menggunakan ilmu pengetahuan yang dimilikinya, mengubah sektor pertanian di Bantaeng. Bahkan sekarang dia membuat zona-zona potensi pertanian unggulan.Next


(dnl/asy)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!