Siapa Calon Menko Perekonomian Jokowi? Ekonom: CT Gesit, Sri Mulyani Berpengalaman

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan mengumumkan komposisi kabinet dalam waktu dekat. Ini dilakukan setelah Jokowi menyerahkan nama-nama kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Bambang Brodjonegoro, mantan Wakil Menteri Keuangan, digadang-gadang jadi kandidat serius untuk posisi Menteri Keuangan. Sementara untuk posisi Menko Perekonomian, belum ada nama yang bisa dipastikan.


Tony Prasetiantono, pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, menilai Chairul Tanjung dan Sri Mulyani Indrawati adalah nama-nama yang pas menduduki posisi Menko Perekonomian.


Chairul Tanjung, yang akrab disapa CT, pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan Sri Mulyani, Direktur Pelaksana Bank Dunia, sempat menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Keuangan, sampai Menko Perekonomian.


Menurut Tony, CT tepat mendampingi Jokowi. Dalam periode yang terbilang singkat, CT bisa menyelesaikan sejumlah masalah. Kecepatan, karakter yang juga dimiliki Jokowi.


"Pak CT saya lihat cukup berhasil saat beberapa bulan menjadi Menko di akhir era SBY. Dia tipe trouble shooter, cekatan," katanya kepada detikFinance, Rabu (22/10/2014).


Menurutnya, karakter itu tidak lepas dari latar belakang CT sebagai pengusaha. Seorang pengusaha dituntut bisa mengambil keputusan dengan cepat. Next


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!