Pemerintah Dorong PLN Beli Listrik dari Limbah Sawit Hingga Singkong

Jakarta -Hari ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan sosialisasi Peraturan Menteri ESDM No 27/2014 tentang Pembelian Tenaga Listrik dari PLT Biomassa dan PLT Biogas oleh PT PLN (Persero). Upaya ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil seperti BBM.

Acara dilaksanakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (22/10/2014). Hadir di acara ini adalah para pemangku kepentingan dan sektor swasta, BUMN, dan BUMD.


"Pemerintah mendukung pemanfaatan potensi bio massa dan bio gas untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Potensi bio massa dan bio gas kita sangat besar," kata Rida Mulyana, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM.


Rida mencontohkan, sampai 2013 potensi bio massa di Indonesia mencapai 32.654 MW. Namun yang dimanfaatkan baru 1.716 MW.


Bio massa, lanjut Rida, bisa dikembangkan di berbagai daerah. Bahan dasarnya adalah limbah kehutanan, pertanian, kelapa sawit, atau tapioka (singkong). "Ini bisa membantu untuk meningkatkan rasio elektrifikasi Indonesia," katanya.


(hds/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!