Tarif Listrik Naik? Berhemat Dong

Jakarta -Setiap kali terdengar berita rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), ataupun setelah kejadian, banyak dari masyarakat yang kemudian kepusingan, karena sudah pasti biaya hidup tagihan listrik akan meningkat.

Padahal di zaman modern seperti sekarang ini, sebagian besar dari kita sudah sangat bergantung dengan keberadaan listrik. Coba perhatikan di rumah, berapa banyak peralatan rumah tangga kita yang tercolok ke listrik?


Di zaman sekarang yang semua serba mahal dan listrik akan naik terus, kenaikan listrik sudah barang tentu mengganggu penglolaan rumah tangga kita. Itu sebabnya harus dilakukan trik-trik untuk bisa mengelola pengeluaran listrik supaya tidak jebol, mari kita bahas 6 tips yang bisa kita lakukan untuk membantu menghemat biaya listrik bulanan Anda.


Lampu Hanya Menyala Diruangan yang Dipakai

Keliatannya mudah kan? Tapi ternyata di banyak keluarga, masih banyak saya jumpai yang rumah yang hampir seluruh ruangannya terang benderang. Tidak mengerti alasannya apa, ada yang bilang supaya enak dilihat, atau supaya tidak takut, tapi menyalakan lampu di seluruh ruangan di rumah atau gedung adalah bentuk pemborosan listrik yang besar.


Oleh sebab itu, nyalakan lampu di ruangan yang dipakai saja. Selain lampu di teras depan belakang dan taman (untuk rumah tinggal), maka lampu hanya diperbolehkan menyala di ruangan di mana kita berada saja.


Apabila kita ingin ke ruangan lain, silahkan nyalakan lampu sejenak, tapi jangan lupa untuk dimatikan kembali ketika kita keluar dari ruangan tersebut. Apabila ada ruangan yang di-“wajib”-kan ada cahaya kecil meskipun tidak ada orangnya di dalamnya, maka anda bisa membeli lampu malam yang dijual di toko elektrik.


Lampu ini besarannya hanya sekitar 1 watt dan menempel di stop kontak kita, memberikan cahaya yang kecil cukup untuk tidak membuat ruangan gelap gulita. Hal ini bisa mengurangi pemakaian listrik dan ujung-ujungnya menghemat pembayaran listrik bulanan anda.Next


(ang/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com