83 Miliuner China Merupakan Anggota DPR Setempat

Beijing - Saat ini, China menjadi negara dengan jumlah miliuner paling banyak di Asia dan kedua di dunia. Orang kaya di negeri tirau bambu itu ini berasal dari berbagai sektor industri.

Namun, sebanyak 83 di antaranya ada juga yang merupakan anggota parlemen alias dewan perwakilan rakyat setempat.


Hal ini bertolak belakang dengan keadaan di Amerika Serikat (AS) negara dengan jumlah miliuner paling banyak di dunia. Tak satu pun miliuner yang tercatat sebagai anggota dari House of Representatives maupun senat.


Anggota senat AS paling kaya berasal dari Partai Republik Michael McCaul. Kekayaannya tercatat sebesar US$ 500 juta Rp 4,75 triliun.


Dalam kongres yang akan diselenggarakan di Beijing pekan ini, Hurun Global Rich List mencatat ada 31 orang yang termasuk miliuner China akan hadir. Mereka adalah anggota dewan dengan nilai kekayaan lebih dari US$ 1 miliar (Rp 9,5 triliun).


Seperti dikutip dari CNBC, Jumat (8/3/2013), orang yang paling kaya di acara itu adalah Zong Qinghou, pendiri pabrik air minum kemasan Wahaha, dengan nilai kekayaan sebesar US$ 13 miliar berdasarkan data hurun.


Seperti diketahui, Asia dinobatkan sebagai benua dengan jumlah miliuner paling banyak di dunia. Di posisi kedua disusul oleh Amerika Utara dan Eropa.


Berdasarkan survey Hurun Report, ada 1.453 orang yang punya kekayaan lebih dari US$ 1 miliar (Rp 9,5 triliun) di seluruh dunia hingga Januari 2013 lalu.


(ang/dnl)