Pertamina Batal Jual Saham Anak Usaha di Pasar Modal

Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengurungkan niatnya untuk menggelar penawaran umum saham perdanan alias Initial Public Offering (IPO) beberapa anak usahanya. Pasalnya, banyak kelebihan dan keunggulan Pertamina yang bisa hilang jika anak usaha itu masuk lantai bursa.

"Belum ada (rencana IPO), karena keterkaitan anak-anak perusahaan Pertamina dengan induknya itu sangat besar. Hal ini menyangkut privilege-privilege sehingga tidak bisa sembarangan IPO," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mudakir di Kantor Pertamina EP Kuningan Jakarta, Kamis (7/3/2013).


Ali tidak mau berkomentar banyak mengenai detail dari privilege alias keuntungan tersebut. Menurutnya hal terpenting yang dilakukan perseroannya adalah sinergi antara induk dengan anak perusahaan.


"Kita kan sinergi dengan anak perusahaan Pertamina, seperti Pertamina EP, Pertamina Geothermal. Pokoknya banyak privilege lah," ujarnya.


Ia tidak menampik bahwa ada beberapa anak perusahaan yang dahulu sudah akan dijual sahamnya di bursa. Salah satunya adalah PT Pertagas dan PHE.


"Yang sudah pernah dikaji itu Pertagas dan PHE. Setelah dikaji-kaji banyak hal yang justru kalau di-IPO-kan tidak baik. Kita kembali lagi, tujuan itu IPO itu apa sih?" jelasnya.


(wij/ang)