Punya Kereta Berkecepatan 500 Km/Jam, China Kembangkan Sistem Rem

Beijing - Pemerintah China tengah mengembangkan sistem teknologi pengereman baru untuk kereta super cepat yang dimilikinya. Saat ini kereta cepat di China memiliki kecepatan maksimum 500 km/jam.

Sistem baru pengereman ini telah melalui uji coba dan siap digunakan.


Demikian disampaikan Li Heping selaku peneliti senior dari Akademi Ilmu Perkeretaapian China seperti dikutip dari Chinadaily, Jumat (8/3/2013).


Teknologi baru ini bisa digunakan untuk pengereman kereta dengan kecepatan 200 km/jam lebih. Menurut Li, para ilmuwan di China menyatakan dari simulasi teknologi yang dilakukan, teknologi rem ini bisa menghentikan kereta dengan kecepatan 500 km/jam dengan halus.


"Kereta super cepat di China aman. Saya sebagai peneliti telah menguji kereta cepat ini. Saya berharap masyarakat percaya soal keselamatan ini," kata Li.


Kereta cepat pertama di China menghubungkan Beijing dengan Tianjin pada Agustus 2008. Kereta tersebut bisa berlari dengan kecepatan 350 km/jam. Pada Desember 2012, ada jalur baru kereta cepat yang menghubungkan Beijing dan Guangzhou yang merupakan kereta cepat dengan jalur terpanjang di dunia yaitu 9.300 km.


China berencana untuk memperpanjang jalur kereta cepatnya menjadi 18.000 km di 2015. Saat ini, kecepatan kereta cepat di China baru mencapai 486,1 km/jam atau yang tercepat di dunia. Li mengatakan, tenaga kereta cepat ini akan ditambah.


(dnl/hen)