Berau Jajaki Ekspor Batubara ke Negara-negara ASEAN

Jakarta - Emiten tambang PT Berau Coal Energy (BRAU) saat ini tengah mengkaji untuk menjajaki pasar Asean untuk target ekspor batubaranya.

Direktur Utama BRAU Eko Santoso Budianto mengakan, tahun ini perseroan tengah melakukan upaya untuk membuka pasar baru di beberapa negara Asia Tenggara seperti Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.


"Kita masih kaji untuk pasar Asean. Lagi diupayakan. Kita lagi kasih sampling (batubara) kita ke mereka, bisa masuk di boiler mereka enggak. Saat ini yang existing China, India, Korea, dan Taiwan," kata Eko usai acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan, di Hotel Sangri-La, Jakarta, Kamis (7/3/13).


Terkait itu, Eko menambahkan, tahun ini perseroan menargetkan produksi batubara sebesar 23,5 juta ton, angka ini lebih tinggi dari produksi batubara tahun sebelumnya sebesar 21 juta ton.


Selain itu, perseroan juga melakukan beberapa strategi efisiensi, khususnya biaya operasional sehingga mampu mengimbangi turunnya harga jual batubara.


PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) merupakan pemegang saham mayoritas sebesar 90% saham dari anak usahanya PT Berau Coal yang wilayah konsesinya seluas 118.400 hektar di Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur, Indonesia.


(ang/ang)