Dadakan ke Puskemas Petojo, Dahlan Iskan: Cukup 2 Anak Saja

Jakarta - Hari ini secara tiba-tiba Menteri BUMN Dahlan Iskan mengunjungi dua Puskesmas, di Kelurahan Petojo Selatan dan Gambir. Untuk apa Dahlan mengunjungi dua Puskesmas tersebut?

Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi mengatakan, Dahlan mengunjungi dua Puskesmas itu untuk mengecek kesiapan pemasangan sistem teknologi informasi (TI) terkait pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).


"Saat mengunjungi Puskesmas Petojo tersebut, Pak Dahlan bertemu dengan Ibu Novi yang sedang menggendong anak perempuannya dan anak pertamanya laki-laki di sebelahnya. Pak Dahlan berpesan cukup ya dua anak saja, yang diiyakan oleh Ibu Novi," ujar Faisal kepada detikFinance, Jumat (8/3/2013).


Seperti diketahui, saat ini BUMN asuransi yaitu PT Askes tengah dalam proses pengubahan diri menjadi BPJS. Untuk uji coba sistem BPJS ini, DKI Jakarta bakal menjadi proyek percontohan.


Setelah mengunjungi dua Puskesmas tersebut, Dahlan langsung bergeser ke RSUD Tarakan untuk melihat sistem pelayanan Askes dan Jamsostek. "Pak Dahlan melihat langsung pendaftaran yang akan terkoneksi dari Puskesmas tingkat kelurahan, kecamatan, RSUD, RS rujukan seperti RSCM dan perusahaan yang tergabung dalam BPJS," kata Faisal.


"Sistem ini dilakukan untuk menghindari kepadatan pasien si RSCM yang seharusnya bisa ditangani di masing-masing Puskesmas atau RSUD," tambah Faisal.


(dnl/hen)