Minyak Pertamina di Sumsel Dicuri 1.000 Barel Tiap Hari

Jakarta - Anak usaha Pertamina yakni PT Pertamina EP mengaku masih sering mengalami pencurian minyak mentah di wilayah Sumatera Selatan. Per hari, minyak mentah Pertamina yang dicuri mencapai 1.000 barel.

Hal ini disampaikan Direktur Eksplorasi dan Pengembangan PT Pertamina EP Doddy Priambodo dalam sebuah diskusi di Gedung Pertamina EP, Kuningan, Jakarta, Kamis (7/3/2013).


"Rata-rata dari bulan Januari hingga Februari 2013 rata-rata itu 1.000 barel/hari," jelasnya.


Ia juga mengungkapkan, praktik pencurian ini sudah terjadi sejak tahun ini. Menurut perhitungannya, Juni hingga Desember 2012 sebanyak 300 ribu barel minyak mentah Pertamina telah dicuri.


"Untuk bulan Juni hingga Desember 2012 sebanyak 300 ribu barel yang dicuri. Jadi untuk Januari 2013 sudah 30.000 barel dan 24.000 barel di Februari," katanya.


Sampai saat ini, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan yang tergabung dalam satuan TNI dan Polisi untuk menindaklanjuti praktik pencurian ini. Ia mengaku sulit untuk memberantas habis pencurian minyak.


"Berantas pencuri itu susah, dan sekarang masih terjadi. Kami bekerjasama dengan institusi pemerintah yang tangani kriminal. Upaya kita kemarin bulan Oktober 2012 itu kerja sama deengan TNI dan Polisi, kita akan kembangkan terus praktik pencurian ini dengan Polda Sumsel," cetusnya.


(wij/dnl)