Gandeng Indomobil, VW Tambah Investasi di RI Tahun Depan

Jakarta - Menteri Perindustrian MS Hidayat memastikan produsen mobil asal Jerman Volkswagen (VW) akan menambah investasi baru untuk pembangunan pabrik mereka mulai tahun depan. Selama ini VW sudah memiliki pabrik perakitan Completely Knock Down (CKD) di Cikampek, Jawa Barat.

"Volkswagen akan berinvestasi di Indonesia tahun depan," kata Hidayat kepada detikFinance, Jumat (8/3/2013)


Hidayat menuturkan komitmen investasi baru ini setelah ada pertemuan antara CEO Volkswagen di Jerman beberapa hari lalu, terkait kunjungan kenegaraan Presiden SBY. Untuk investasi kali ini, menurut Hidayat produsen mobil asal Jerman itu akan menggandeng PT Indomobil Sukses International Tbk.


"Mereka akan kerjasama dengan Indomobil, untuk nilai investasinya belum tahu," kata Hidayat.


Jauh sebelumnya memang VW sudah melirik Indonesia sebagai negara potensial untuk menjadikan basis produksi. VW sedang mempelajari kemungkinan berdirinya pabrik manufaktur (produksi) VW di Indonesia. Rencana, pabrik VW di Indonesia akan berdiri 3 tahun atau paling lama 4 tahun mendatang.


"Kami sudah meneliti untuk pabrik di Indonesia. Saat ini kami sudah berprduksi SKD. Untuk pabrik full manufacturing masih dalam peneliatan, kami berharap 3-4 tahun lagi benar-benar full manufacturing di Indonesia," kata Presiden Direktur dan CEO Garuda Mataram Motor Andrew Nasuri beberapa waktu lalu, selaku ATPM resmi VW di Indonesia.


(hen/dnl)