Sinar Mas Land dan AEON Bakal Bangun 20 Mal di Indonesia

Jakarta - Sinar Mas Land Group bersama dengan pengembang pusat perbelanjaan asal Jepang yaitu AEON Mall Indonesia menargetkan membangun 20 mal di seluruh Indonesia dalam 8 tahun mendatang.

Dua di antaranya, AEON Mall di BSD City dan Delta Mas Mall di Jakarta Timur. Pembangunan mal-mal tersebut bertujuan untuk mengembangkan kota-kota mandiri selain di Jabodetabek seperti Semarang, Manado, dan Balikpapan.


"Kita akan bersama-sama membangun 20 mal. Tidak hanya dengan AEON tapi juga partner lain karena tanahnya tidak seluruhnya dari kita, ada punya orang lain," kata Managing Director Corporate Strategy & Services Sinarmas Land Ishak Chandra usai acara jumpa pers di Hotel Hyatt, Jakarta, Jumat (8/3/2013).


Ishak mengatakan, untuk AEON Mall di BSD akan mulai dibangun kuartal III-2013 dan ditargetkan akan selesai dan beroperasi pada akhir 2014 mendatang. Sementara untuk Delta Mas Mall direncanakan akan dibangun 2014 dan akan selesai 2015.


Ishak menambahkan, pembangunan 20 mal tersebut sekitar 60% menggunakan konsep suburban. Saat ini, kata dia, Sinar Mas Land memiliki sisa lahan kosong (land bank) seluas 10 ribu hektar, 20 hektar di antaranya digunakan untuk membangun Delta Mas Mall di Jakarta Timur.


"Land bank 10 ribu hektar di seluruh Indonesia, paling banyak di Serpong ada 4 ribu hektar," cetusnya.


Kata dia, melalui pembangunan mal sewa tersebut, pihaknya menargetkan kenaikan pendapatan di tahun ini hingga 20%.


"Kita mau meningkatkan recurring income dengan membangun lease mall (mal sewa). AEON strategic partner untuk mendukung recurring income," kata dia.


(dnl/dnl)