Artis-artis Ibukota Semarakkan PMI 2013 di Belanda

Den Haag - Gebyar artis-artis dari Ibukota Jakarta siap menyemarakkan Pasar Malam Indonesia 2013 di Den Haag. Sekadar menyebut beberapa: Harvey Malaiholo, Edo Kondologit, Didi Kempot, Lia Amelia, Ria 'Boneka Susan' Enes, didukung artis dari berbagai provinsi.

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda Retno Lestari Priansari Marsudi dalam bincang-bincang akhir pekan, Jumat malam atau Sabtu (16/3/2013) WIB.


"Ikut mendukung dan menghibur masyarakat yakni artis-artis dari berbagai daerah, antara lain kesenian Karawang, Kepulauan Riau, Dekranasda Bogor. Selain itu juga ada workshop, angklung, gamelan, dan flashmob poco-poco di depan PMI," papar Dubes.


PMI 2013 yang akan berlangsung selama 4 hari (20 - 24/3/2012) di alun-alun Malieveld, Den Haag, ini merupakan penyelenggaraan tahun ke-4. Tahun lalu, sehari menjelang penutupan ajang promosi ini menghasilkan trial order 19,8 juta euro dan penjualan ritel sebesar 500 ribu euro, dengan total pengunjung setelah penutupan tercatat lebih dari 35 ribu orang.


PMI ini beda dari dan bukan Tong Tong Fair (TTF). TTF diselenggarakan oleh swasta Belanda dengan peserta negara-negara Asia. Sebaliknya PMI sepenuhnya diselenggarakan oleh Indonesia c.q KBRI Den Haag dengan selling point 'Indonesia', yang bukan hanya dirindukan oleh masyarakat Belanda, tetapi juga masyarakat Indonesia sendiri.


Bekerjasama dengan kementerian terkait, pemerintah daerah dan swasta, KBRI Den Haag melalui PMI fokus untuk promosi, transaksi perdagangan, pariwisata dan investasi, sekaligus memelihara tradisi budaya Indonesia di Belanda.


"Di samping itu, selama berlangsungnya PMI juga ada seminar Demokrasi Berkualitas dengan narasumber para pemuka partai politik dan panelis terkemuka dari Jakarta," demikian Dubes.


(es/es)