Mandala Airlines Rangkul Pilot, Pramugari dan Karyawan eks Batavia Air

Jakarta - Pilot, pramugari dan seluruh karyawan eks Batavia Air saat ini nasibnya tak jelas. Untuk membantu mereka, maskapai penerbangan Mandala Airlines mengajak pilot dan karyawan-karyawan eks Batavia Air untuk bergabung bersama Mandala.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Komersial Mandala Airlines, Brata Rafli saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (14/3/2013).


"Kita sudah merekrut beberapa karyawannya juga. Cabin crew beberapa sudah kita rekrut," kata Brata.


Dia juga mengatakan, beberapa pilot yang menganggur lantaran Batavia Air telah dipailitkan, akan direkrut oleh perusahannya. Karena pada dasarnya, Batavia Air pun banyak mengoperasikan pesawat yang juga dioperasikan oleh Mandala Airlines.


"Pesawat mereka kan A320 juga, tentu saja kita akan merekrut," katanya.


Namun, dia belum dapat menentukan secara jelas berapa pilot yang akan direkrut. Untuk cabin crew, dalam beberapa tahun ke depan, perusahaannya membutuhkan hingga 200 orang.


"Kita nggak tahu detailnya, itu ada rasionya. Jadi kalau semua yang bisa keterima kita akan terima sebanyak-banyaknya," katanya.


Brata beralasan, rencana ini berangkat dari pengalaman Mandala Airlines sendiri. Mandala Airlines pun mengalami latar belakang yang sama. Beberapa tahun lalu, maskapai penerbangan ini sempat mengalami keadaan seperti yang dialami Batavia Air.


"Kita pikir, kita juga udah pernah terpuruk, kita pernah ngerasain seperti itu nggak enak mas, dan sekarang kita punya investor yang kuat, insyallah kita bisa maju. Kita mau coba bantu," pungkasnya.


(zul/dru)