Belum Kelar Kembangkan Terminal 3 Soetta, AP II Sudah Rencanakan Terminal 4

Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) masih merampungkan grand desain pengembangan Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) hingga awal 2016. Setelah pengembangan terminal 3, integrasi terminal 1 dan 2 serta pembangunan terminal cargo tuntas dibangun pada awal 2016, kapasitas daya tampung penumpang Bandara Soetta bisa mencapai 67 juta orang per tahun.

Sementara jumlah lalu lintas penumpang saat ini, telah tembus 57 juta penumpang per tahun. Setelah pengembangan grand desain tuntas, AP II akan melanjutkan pembangunan terminal penumpang baru yakni terminal 4 dan penambahan 1 buah landasan pacu atau runway.


Setelah pembangunan terminal 4 yang dimulai tahun 2016 dimulai dan kemudian tuntas dikembangkan, Bandara Soetta diproyeksikan bisa menampung hingga 87 juta penumpang per tahun.


"Runway ketiga dan terminal 4 dibangun, bandara bisa tampung 87 juta penumpang per tahun," tutur Direktur Pengembangan Kebandarudaraan & Teknologi AP II, Salahudin Rafi di Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (15/3/2013).


Untuk penambahan runway ketiga, AP II akan secara bertahap mulai melakukan pembebasan tanah pada 2015. Namun, Rafi belum bisa merinci berapa besar anggaran atau investasi yang harus digelontorkan untuk pembangunan runway ketiga dan terminal 4.


Rafi menuturkan, untuk proyek grand desain pembangunan terminal 3, terminal cargo dan integrasi terminal 1 dan 2, AP II telah menggelontorkan dana mencapai Rp 26,2 triliun.


"Rp 26,2 triliun itu belum termasuk pembangunan runway ketiga, pembebasan tanah dan terminal 4," cetusnya.


(feb/dru)