Menlu Belanda Tamu Kehormatan Pasar Malam Indonesia 2013

Den Haag - Pasar Malam Indonesia (PMI) 2013 beberapa hari lagi akan kembali digelar di Den Haag. Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans akan memberikan sambutan sekaligus sebagai Guest of Honour (tamu kehormatan).

"Pembukaan akan dilaksanakan pada 20 Maret 2013 pukul 17.00 di Alun-alun Malieveld, Den Haag. Menteri Luar Negeri Frans Timmermans akan hadir sebagai tamu kehormatan dan akan memberikan sambutan," ujar Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda Retno Lestari Priansari Marsudi kepada detikfinance, Jumat malam atau Sabtu (16/3/2013) WIB.


Sebelumnya Dubes sesuai jadwal akan membuka PMI secara resmi, disusul orang nomor satu di Kementerian Luar Negeri Belanda Menlu Timmermans, kemudian bersama-sama meninjau ke stand pameran dan pertunjukan kebudayaan.


PMI 2013 yang akan berlangsung selama 4 hari (20 - 24/3/2012) ini merupakan penyelenggaraan tahun ke-4. Tahun lalu, ajang promosi Indonesia di jantung ibukota pemerintahan Belanda tersebut menyedot pengunjung sampai saat penutupan lebih dari 35 ribu orang.


"Tercatat PMI menghasilkan trial order 19,8 juta euro dan penjualan ritel sebesar 500 ribu euro," ujar Dubes Retno sehari sebelum penutupan PMI 2012.


Mantan Sekretaris Negara (setingkat Menteri Muda atau Deputi Menteri) Urusan Eropa dan Kerjasama Pembangunan Ben Knapen menilai bahwa PMI merupakan bab baru dalam hubungan bilateral kedua negara.


"PMI tidak hanya menunjukkan kekayaan budaya dan kuliner Indonesia, namun juga kemajuan bidang ekonomi, perdagangan, turisme dan investasi-investasi potensial," demikian Ben Knapen.


(es/es)