Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Selesai Awal 2015

Jakarta - Proyek pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi hingga kini belum masuk tahap konstruksi. Proyek jalan tol terusan Jagorawi ini masih dalam tahap proses pembebasan lahan, namun untuk seksi I dari Ciawi-Cigombong ditargetkan akan selesai awal 2015.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU Ahmad Ghani Ghazali saat ditemui detikFinance di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jalan Raden Fatah, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2013).


"Ciawi-Sukabumi jalan terus, jalan. Pembebasan tanahnya pun jalan terus, nggak berhenti," kata Ghani.


Ia menambahkan, jalan tol tersebut terbagi atas tiga seksi. Seksi I saat ini masih dalam progres pembebasan tanah yang menurutnya sudah mencapai 24%. Sedangkan seksi II dan III masih dalam proses sosialisasi pembebasan lahan.


"Seksi I selesai pembebasan lahan, beroperasi ditargetkan akhir 2014 atau awal 2015," lanjutnya.


Namun, Ghani belum dapat memastikan kapan proyek tol sepanjang 45 Km ini seluruhnya akan beroperasi, termasuk seksi II dan seksi III. Pasalnyan masalah pembebasan lahan merupakan persoalan yang tak dapat dipastikan.


"Kalau yang seksi I itu awal 2015, tapi kalau yang seksi II dna III belum tahu karena pembebasan lahannya pun belum mulai," tutupnya.


(zul/hen)