Banyak Pedagang Pasar Klender Tak Kenal Sosok Gita Wirjawan

Jakarta - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan ternyata tidak dikenal oleh para pedagang di Pasar Klender, Jakarta Timur. Saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pagi tadi, para pedagang penasaran dengan sosok mantan Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu.

Seperti yang dialami Anang. Pedagang Jengkol ini, sampai bingung dengan sosok Gita meskipun saat blusukan di dalam pasar, Menteri Perdagangan ini, lewat di depannya.


"Yang mana Menterinya? Saya nggak tahu," tutur Anang kepada wartawan di Pasar Klender, Jakarta Timur, Minggu (12/5/2013).


Diakuinya, meskipun tidak mengenal sosok Gita tapi Mendag bukanlah pejabat yang pertama kali ke pasar Klender. Menurutnya, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum pernah berkunjung ke pasar Klender.


"Sebelumnya Pak Hatta, Pak Anas, Pak Jokowi pernah ke sini," tambahnya.


Hal senada dialami oleh Adi. Pedagang sembako yang sempat diajak berdialog dengan Gita ini, mengaku tidak mengenal sosok pejabat lawan bicaranya itu. Padahal Gita sempat membeli 1 kg cabai dan 6 bungkus jagung dari lapaknya.


"Tadi tanya harga cabai. Tapi saya belum pernah liat dan gak kenal," sebutnya.


Hal sama dialami oleh pemilik lapak daging ayam yang didatangi Gita. Saripah sang penjual daging ayam mengatakan meskipun Gita memborong 1 Kg daging ayam seharga Rp 28.000, ia tak tahu sosok pria tinggi yang telah membeli daging kepadanya.


"Katanya menteri. Menteri perdagangan ya?," cetusnya.


Gita sendiri, datang ke pasa Klender untuk memantau harga-harga sembako menjelang puasa. Dengan menunggangi mobil Toyota Alpard, Gita yang tiba pukul 08.15 wib, langsung blusukan di tengah pasar Klender selama 30 menit.


(feb/dru)