Gita Wirjawan Ingatkan Ibu-ibu Pengusaha Soal Serbuan Barang Impor

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengingatkan para wanita pengusaha di Indonesia untuk menghadapi serbuan produk impor terkait dimulainya Asean Economic Community (AEC) akhir tahun 2015.

"Banyak produk impor yang akan masuk dan agak sayang kalau produk yang kita konsumsi adalah produk impor, bukan dari dalam negeri," ungkap Gita pada acara Rakornas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (11/5/2013)


Gita mengatakan ada US$ 2,3 triliun uang yang akan berputar. Sebanyak 45% dari uang tersebut atau Rp 1 triliun ada di Indonesia. Selain itu pasar ASEAN populasinya mencapai 600 juta orang, Indonesia memiliki 200 juta penduduk lebih.


"Artinya itu kesempatan kita untuk menguasai pasar," sebutnya.


Apalagi menurutnya, 65% dari total konsumsi AEC nantinya ada di Indonesia. Gita menegaskan, jika tidak ada perlawanan dari produk dalam negeri, maka produk impor yang akan merajai pasar Indonesia.


Ia menceritakan jelinya, produsen seperti Apple ataupun Samsung melihat pasar yang besar di Indonesia.


"iPad, Samsung dan iPhone harus didatangkan dari luar negeri. Ini sangat banyak diimpor karena yang di luar negeri, itu banyak melihat pasar kita besar," paparnya..


Ia berharap pengusaha-pengusaha Indonesia cepat bangkit dan memperbaiki produk untuk bisa bersaing dengan produk impor. "Saat AEC 2015 harusnya jadi kebangkitan kejayaan wirausaha di Indonesia," pungkasnya.


(hen/hen)