Nasib Proyek Monorel Jakarta, Jokowi: Saya Tak Tahu Dokumennya Dimana

Jakarta - Kelanjutan proyek monorel Jakarta yang digarap oleh PT Jakarta Monorail hingga kini masih belum jelas rimbanya. Bahkan Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengaku belum tahu dokumen soal administrasi yang belum beres.

"Nggak tahu, dokumennya mana, saya hanya minta itu," kata Jokowi di Balaikota, Jakarta, Jumat (10/5/2013).


Soal harapan proyek ini bisa diluncurkan pada akhir Mei 2013, Jokowi malah berbalik bertanya. "Lha iya mana dokumennya?" katanya.


Menurutnya sejatinya proyek ini bisa langsung jalan andai pihak PT Jakarta Monorail tak bertele-tele untuk menyerahkan dokumen proyek. Ia pribadi akan segera tandatangan jika sudah ada dokumen yang siap ditandatangani.


"Ya udah, tandatangan, Mei jalan. Gampang toh," katanya.


Dikatakan Jokowi, masalaah yang dihadapi Jakarta Monorail adalah soal dokumen administrasi yang belum diselesaikan dengan pemerintah pusat.


Sebelumnya, Jakarta Monorail menyatakan telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan asal China, CNR Changchun Railway Vehicle Co. Ltd. untuk pengadaan rangkaian kereta (rolling stock) yang akan digunakan di monorel Jakarta.


Pengadaan kereta ini memakan biaya investasi sebesar 30% dari total investasi sebesar Rp 7 triliun, atau setara Rp 2,1 triliun. Pembiayaannya berasal dari kas internal dan pinjaman bank.


(hen/dru)