Sambil 'Blusukan', Gita Wirjawan Borong Daging Hingga Cabai di Klender

Jakarta - Sambil blusukan atau sidak ke Pasar Klender Jakarta Timur, Menteri Perdangan Gita Wirjawan menyempatkan untuk berbelanja. Usai berbincang-bincang dengan beberapa pedagang, Gita kemudian membeli kebutuhan pokok dari para pedagang seperti cabai dan jagung.

Dari pantauan detikFinance, tampak Gita memberi langsung, uang senilai Rp 150.000 kepada pedagang sayur-mayur yang ia datangi. Kemudian ajudan Gita, mengambil barang belanjaan bosnya.


"Tadi (Gita Wirjawan) beli cabe rawit merah sekilo, sama jagung enam bungkus," kata Andi, penjual yang lapaknya didatangi Gita di Pasar Klender, Jakarta Timur, Minggu (12/5/2013).


Padahal harga normal untuk kedua komoditas tersebut relatif murah. Pembeli cukup membayar Rp 54.000, untuk bisa memboyong 1 kg cabai merah dan 5 bungkus jagung.


Saat melanjutkan perjalanan, hal senada, juga dilakukan Gita saat berbicara dan menyambangi seorang pedagang daging ayam di dalam pasar Klender. Usai berbicara, mantan bos BKPM ini pun, membeli daging ayam seharga Rp 28.000.


"1 ekor ayam, Bapak (Gita Wirjawan) beli Rp 28.000," kata Suripah.


Perjalan selanjutnya, Gita kemudian mendatangi seorang penjual daging sapi. Usai berdialog dengan Ujang sang penjual daging, Gita kemudian membeli 1 kilogram daging sapi kepada Ujang. "Beli daging 1 kg, (bayar) Rp 100.000, harga asli Rp 90.000," tutur Ujang.


Gita sendiri, datang ke pasar Klender untuk memantau harga-harga sembako menjelang puasa. Dengan menunggangi mobil Toyota Alpard, Gita yang tiba pukul 08.15 wib, langsung blusukan di tengah pasar Klender selama 30 menit.


(feb/dru)