Fenomena Bisnis 'Jualan Air' dari Negeri Matahari Terbit

Jakarta - Ratusan orang memenuhi ruang Candi Dieng, Hotel Grand Sahid Jakarta. Mereka datang untuk menyaksikan aksi motivator Dokter Andika yang menjelaskan soal Kangen Water atau air kangen.

Diketahui air kangen merupakan jenis air yang berfungsi mencegah proses penuaan dan membantu menjaga tubuh pada PH basa optimal, karena memiliki reduksi yang kuat.


Inovasi Enagic ini terlahir dari Jepang dan masuk ke Indonesia pada tahun 2008. Selain untuk minum, air ini juga berfungsi untuk memasak, kecantikan dan pembersih. Kangen Water juga mengandung beberapa mineral yang diperlukan tubuh seperti kalsium, sodium, potasium dan magnesium.


Perkembangan water kangen dibantu dengan bisnis multi level marketing (MLM). Jadi setiap orang mengajak orang lain untuk ikut berbisnis air tersebut.


Berikut adalah penjelasan dari salah satu pengunjung bernama Rahmat. Ia mengatakan, produk yang dijual adalah air dan mesinnya. Setiap orang yang ingin berbisnis ini, cukup mengikuti seminar seperti yang berlangsung hari ini di Hotel Grand Sahid.


"Biasanya untuk datang kesini ada yang ngajak, saya kemaren juga seperti itu," ungkap Rahmat Sabtu (11/5/2013)


Alasan kedatangan lainnya, menurutnya karena ingin mendengarkan motivasi-motivasi dari Dokter Andika. Termasuk diantaranya mendengar paparan terkait kangen water. "Biasanya dengerin aja, nanti kita kan banyak termotivasi," sebut Rahmat.


Rahmat mengaku belum lama menjual air ini. Ia menjual dalam bentuk tabung (jerigen) kepada masyarakat sekitar. "Tapi saya bawa dulu buat di konsumsi sendiri sebelum jualan," ungkapnya.


Ia mengatakan sangat percaya sama orang yang telah membawa ke bisnis ini. Seperti dengan menjual 3 tabung saja sudah dapat mengembalikan modal. "Percaya saja sama yang ngajak, saya 3 kali jual sudah balik modal. Kita menjual dan membeli per liter juga beda-beda, ada Rp 5000 ada yang Rp 20.000," ungkapnya.


Ia juga berniat membeli mesin dengan harga Rp 40,5 juta. Mendapatkan mesin ini membutuhkan waktu sekurangnya 2 minggu. "Kita inden itu 2 minggu paling lama. Mesinnya lagsung dari Jepang," terang Rahmat.


Kangen Water sudah digunakan di Jepang sejak 30 tahun yang lalu dan telah diakui oleh asosiasi kedokteran di Jepang sebagai metode pencegahan untuk penyakit-penyakit orang dewasa yaitu penyakit-penyakit yang disebabkan gaya hidup.


Lebih dari 6500 dokter di Jepang telah memeriksa air ini dan sudah diaplikasikan di rumah sakit-rumah sakit di Jepang kepada pasien-pasiennya yang memiliki penyakit degeneratif.


(hen/hen)