Sofjan Wanandi: Hatta Rajasa Bukan Superman

Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mendesak Presiden SBY agar secepatnya menunjuk Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru. Saat ini posisi Menkeu dijabat oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa selaku Pelaksana Tugas (Plt).

"Pak Hatta secepatnya tidak merangkap di Menteri Keuangan. Saya harapkan itu karena kasihan dia. Ini kan Hatta bukan Superman yang bisa merangkap Menko, Menkeu dan partainya. Secepatnya sehingga Pak Hatta bisa konsentrasi pada tugasnya," cetus Sofjan saat berdiskusi dengan media di Kantor Apindo Jakarta, Jumat (10/05/2013).


Sementara itu, Sofjan juga menuturkan soal tahun politik 2013. Di tahun ini, pemerintah sama sekali tidak mempunyai terobosan dan kebijakan baru. Bahkan kebijakan yang dikeluarkan cendrung merugikan pengusaha dan masyarakat.


"Tahun Pemilu ini, nggak ada lagi terobosan-terobosan kebijakan baru. BBM saja nggak bisa dinaikkan apalagi yang lainnya. Kita mungkin berusaha sendiri termasuk serbuan barang-barang impor. 30% barang impor kita itu ilegal, dan tidak bayar PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Informasi pemerintah makin hari makin negatif dan mengkhawatirkan baik dari statistik maupun yang lainnya ini menunjukan gejala penurunan," jelasnya.


Sofjan mengkritik kebijakan pemerintah soal pemekaran daerah. Dikatakan Sofjan, pemekaran wilayah/daerah bukan ide yang baik untuk menjalankan roda pembangunan. "Pemekaran daerah hanya 15% yang berhasil sejak 17 tahun kita memberlakukan otonomi daerah dan menurut saya ini merugikan," tandasnya.


(wij/hen)