Dahlan Iskan: Jadi Pengusaha Jangan Cepat Percaya Sama Orang!

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini menghadiri Dies Natalis Ke-34 Universitas Tidar Magelang (UTM). Dalam kesempatan itu, seperti biasa Dahlan mengadakan tanya jawab berhadiah kepada mahasiswa.

Ada satu mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat dan akhirnya diberi hadiah Rp 1 juta atas jawabannya. Lucunya, mahasiswa yang bernama Eko itu langsung menghitung uang tersebut di atas panggung, seolah memastikan uang satu gepok yang diberikan itu jumlahnya persis Rp 1 juta.


Sontak saja seluruh hadirin di acara tersebut tertawa. Dahlan yang melihat hal itu pun langsung memuji Eko karena tidak cepat percaya kepada orang lain, apalagi yang baru dikenal.


"Inilah ciri pengusaha yang benar, dia tidak mudah percaya dengan siapapun juga," kata Dahlan seperti ditirukan Kepala Humas Faisal Halimi kepada detikFinance, Jumat (10/5/2013).


Dahlan menambahkan, untuk memulai sebuah bisnis tidaklah ada batasan, lebih baik sedini mungkin seperti masih jadi mahasiswa.


"Tidak ada batasan memulai bisnis, sedini mungkin itu lebih baik. Karena setiap orang pernah gagal," ujarnya.


"Ciri pengusaha adalah ketika gagal ia segera bangkit. Gagal lagi, ia bangkit lagi dan derajatnya naik. kemudian bangkit lagi dan derajatnya naik lagi. Dan seterusnya. Sebaliknya jika gagal ia kapok, maka dia bukan pengusaha," tutupnya.


(ang/hen)