Antam Gelontorkan Rp 13,8 Miliar Cari Emas Selama Juni

Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) gelontorkan Rp 13,8 miliar untuk eksplorasi emas di bulan Juni. Total dana eksplorasi bahan tambang yang dikeluarkan perusahaan plat merah itu sebanyak Rp 19,8 miliar.

Seperti dikutip dari siaran pers, Senin (15/7/2013), eksplorasi Antam di bulan Juni 2013 berfokus pada komoditas nikel, emas, bauksit, dan batubara.


Kegiatan eksplorasi emas Antam dilaksanakan di daerah Pongkor dan Papandayan, Jawa Barat; Cibaliung, Banten; dan Batulicin, dan Jambi. Di wilayah Pongkor, Antam melakukan pemetaan geologi, core logging, percontoan core, pemboran, analisa gravity dan core, serta evaluasi dan modeling geologi.


Sementara di daerah Papandayan, Jawa Barat eksplorasi mencakup pemetaan geologi, core logging, hand auger/soil sampling, percontoan core dan batuan, pemboran, geo:sika magnet, pengukuran lintasan bor, pengukuran lintasan GF, pengukuran lintasan geokimia, percontoan dan uji pointload, analisa core/rock/soil, serta evaluasi dan modeling geologi.


Sedangkan di wilayah Cibaliung, Banten, perusahaan negara itu melakukan pemetaan geologi, core logging, percontoan lapisan tanah, percontoan core dan batuan, pengeboran serta evaluasi dan modeling geologi.


Kegiatan eksplorasi di area Batulicin, Jambi meliputi pemetaan geologi, core logging, percontoan core, batuan, dan TSG serta evaluasi dan modeling geologi.


Untuk eksplorasi nikel di Juni 2013 dilakukan di daerah Buli, Maluku Utara; Pomalaa, Sulawesi Tenggara; serta Pulau Gag, Papua Barat. Total biaya eksplorasi nikel selama bulan Juni 2013 mencapai Rp 3,5 miliar.


Antam melakukan eksplorasi bauksit di wilayah Tayan dan Munggu Pasir, Kalimantan Barat yang terdiri atas pengukuran geologi detail, test pitting, test pit logging, dan percontoan dengan total biaya eksplorasi bauksit selama bulan Juni 2013 mencapai Rp 2,3 miliar.


Di Juni 2013, Antam melalukan rangkaian aktivitas eksplorasi batubara di Tebo, Jambi yang terdiri dari pemetaan geologi, pengukuran lintasan, percontoan dan pengeboran. Antam membelanjakan Rp 242,3 juta untuk eksplorasi batubara di periode tersebut.


(ang/dnl)