Mega Capital: IHSG Fluktuatif, Menguat Terbatas

Jakarta - IHSG menguat 0.66% pekan lalu. Sepanjang pekan lalu, IHSG ditutup dengan kenaikan sebesar 0.66%. Sempat terkoreksi signifikan di awal pekan, IHSG akhirnya menutup perdagangan di teritori positif pekan lalu setelah Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuannya sebesar 50 basis poin menjadi 6.5%. Kenaikan tersebut di atas ekspektasi sebesar 25 basis poin. Adapun untuk Jumat, IHSG menguat 0.63% di 4,633.11. Sektor perkebunan (-0.79%), properti (-0.66%) dan consumer goods (-0.28%) mengalami koreksi sedangkan sektor lainnya menguat dipimpin oleh perdagangan (1.36%), pertambangan (1.27%) dan infrastruktur (1.04%). Investor asing membukukan net buy senilai IDR 282.3 miliar sehingga total net sell asing mencapai IDR 4.75 triliun. Untuk hari ini, investor akan menantikan rilis GDP China untuk kuartal II 2013 yang diperkirakan mencapai 7.5%. Selain itu, China juga akan merilis data industrial output dan retail sales.

Wallstreet menguat didorong earnings season. Dalam perdagangan minggu lalu, bursa Amerika ditutup menguat dengan Dow menguat 2.17%, S&P ,menguat 2.96% dan Nasdaq menguat 3.47%. Musim dirilisnya kinerja keuangan untuk kuartal kedua tahun 2013 menjadi katalis positif bagi Wallstreet. Pernyataan Ben Bernanke bahwa stimulus moneter masih akan dipertahankan untuk saat ini juga turut mendorong penguatan indeks. Adapun untuk Jumat, Dow ditutup menguat 0.02% dipimpin oleh saham Bank of America dan American Express, S&P menguat 0.31% dan Nasdaq menguat 0.61%. Earnings season dimulai dengan sektor perbankan dimana JP Morgan dan Wells Fargo melaporkan kinerja yang melebihi ekspektasi. Dari ekonomi, data consumer sentiment turun ke 83.9, berada di bawah ekspektasi 85.0. Untuk minggu ini terdapat rilis data penjualan ritel, jobless claims dan earnings dari sejumlah perusahaan Amerika antara lain Coca-Cola, Goldman Sachs, Yahoo, Morgan Stanley dan Microsoft.


IHSG Fluktuatif, Menguat Terbatas (Range : 4,580—4,680). IHSG kembali ditutup menguat pada perdagangan kemarin berada di level 4,633. indeks berpeluang untuk dapat melanjutkan penguatannya dan bergerak menuju resistance level 4,680. Stochastic yang mengalami golden cross dan bergerak keluar dari wilayah oversold mendukung adanya peluang penguatan ini. Pun demikian hal dengan RSI yang mulai bergerak keluar dari wilayah oversold. Hari ini diperkirakan indeks bergerak fluktuatif dengan kecenderungan kembali menguat terbatas.


(dru/dru)