Kapal Elpiji Terbesar Dunia Milik Pertamina Punya Sistem Autopilot

Ulsan -PT Pertamina (Persero) resmi memiliki 1 lagi kapal pengangkut elipji berkapasitas 84.000 meter kubik atau kapal elpiji terbesar di dunia. Kapal ini dilengkapi teknologi canggih.

Kapten Kapal Pertamina Gas 2 Kosim mengungkapkan, kapal Pertamina Gas 2 ini telah dilengkapi dengan teknologi autopilot. Sangat jarang kapal yang ada saat ini memiliki teknologi tersebut.


"Jadi kita tinggal atur rute perjalanan kapal, maka kapal akan jalan sesuai rute yang kita buat, ini sangat canggih, jarang kapal ada punya teknologi ini," ungkap Kosim ditemui di Galangan Kapal Hyundai Heavy Industries, Ulsan, Korea Selatan, Rabu (23/4/2014).


Kosim menambahkan, tidak hanya autopilot, kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) tersebut juga dilengkapi blackbox seperti di pesawat.


"Jika terjadi keadaan darurat, maka ketika kapten kapal mengaktifkan blackbox ini, seluruh percakapan di ruang kemudi kapal akan terekam selama 13 jam, bahkan jika terjadi keadaan darurat lainnya blackbox ini akan memancarkan sinyal, untuk memudahkan pencarian posisi kapal berada di mana," katanya.


Kapal VLGC yang diberi nama Pertamina Gas 2 ini juga memiliki 2 tabung penyimpanan gas. Satu sisi untuk gas propane dan sisi lainnya gas butane.


"Jika disatukan akan menjadi elpiji, kenapa dipisah, karena untuk mengurangi beban dan tekanan. Sehingga muatan jadi lebih banyak," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!