Pertamina akan Beli 2 Kapal LNG 'Raksasa' untuk Keperluan Impor Gas

Ulsan -PT Pertamina (Persero) akan mengimpor gas alam cair atau LNG (Liquified Natural Gas) dari Amerika Serikat (AS) pada 2018. Volumenya sebanyak 800.000 meter kubik per tahun untuk selama 10 tahun.

Untuk mendukung impor LNG, Pertamina membutuhkan kapal pengangkut LNG ukuran raksasa. Saat ini BUMN energi itu sedang mempersiapkan untuk memesan 2 kapal LNG.


"Kita akan melakukan pengadaan kapal pengangkut LNG, kapasitasnya memang belum ditentukan, kemungkinan 140.000-170.000 meter kubik, kapal kelas very large," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya ditemui di Hyundai Hotel, Ulsan, Korea Selatan, Jumat (25/4/2014).


Hanung mengatakan untuk pengadaan kapal LNG tersebut, perseroan akan melakukan lelang internasional. Calon produsen pemasok harus bisa memenuhi skala harga dan kualitas kapal yang ditetapkan Pertamina.


"Karena ini kapasitasnya sangat besar, jadi kita lakukan lelang internasional, bisa dari China, Korea Selatan atau Jepang yang menang, tergantung lelangnya nanti," ucap Hanung.


Hanung mengakui galangan kapal Hyundai Heavy Industries di Kota Ulsan, Korea Selatan, sangat besar. Sebelumnya Pertamina telah membeli 2 kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) pengangkut elpiji dari Hyundai Heavy Industries


"Ini galangan kapal sangat besar sekali, produksi kapal besar di Hyundai ini mencapai 300 kapal per tahun, jadi artinya tiap 3 hari sekali mereka bisa buat 1 kapal berskala besar," ucapnya.Next


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!