Jualan Kue Putu, Pria Malaysia Ini Jadi Jutawan

Jakarta -Siapa sangka berjualan kue tradisional bisa menjadi seorang jutawan. Seperti yang dilakukan Sopian Mahmon, seorang buruh Malaysia yang berjualan kue putu.

Sopian telah bekerja selama 18 tahun menjadi seorang buruh di Malaysia. Namun, pendapatan sebagai buruh tidak mencukupi kebutuhan keluarganya. Akhirnya dia mencoba sesuatu yang berbeda.


Sopian kemudian mencoba peruntungan di bidang kuliner. Pria berusia 69 tahun ini menjual kue tradisional bernama putu bambu. Berkat makanan itu, dia kini menjadi seorang miliuner, sebagaimana dilaporkan The Star, dikutip dari Asia One, Minggu (27/4/2014).


Putu bambu adalah makanan tradisional bercita rasa manis yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula melaka dan dikukus di dalam batang bambu. Makanan ini juga cukup terkenal di Indonesia.


Awalnya, Sopian memulai berjualan dengan satu kedai di Johor. Sekatang dia mengendalikan empat kedai.


Di awal usahanya, pendapatan Sopian hanya sekitar RM 200 setara Rp 600.000 per hari. Sekarang empat kedai miliknya dapat menghasilkan hingga RM 4.500 atau setara Rp 13,5 juta per hari. Bahkan saat akhir pekan atau libur nasional, pendapatannya bisa mencapai RM 11.000 atau Rp 33 juta dalam sehari.


Dia punya banyak pelanggan, termasuk keluarga kerajaan Johor, politisi terkenal, juga pelancong dari Singapura dan Indonesia.


Sopian mengenang dia sangat menikmati putu bambu yang disiapkan neneknya semasa masih anak-anak. Saat Sopian berusia remaja, dia belajar untuk menyiapkan putu bambu dari ibunya.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!