54 Maskapai Dunia Perbaiki Pesawat di Cengkareng

Jakarta -PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memiliki bisnis perawatan atau bengkel pesawat di area Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng. Bisnis perawatan pesawat yang telah berjalan selama 12 tahun ini mampu melayani pesawat berbadan kecil (narrow body) hingga pesawat berbadan lebar (wide body) dari berbagai maskapai di dunia.

"Kita melayani maskapai dari 54 negara, semua benua ada. Itu yang sudah kita layani," kata Direktur Utama GMF Richard Budihadianto saat ditemui di kantor pusat GMF, Cengkareng, Kamis (24/4/2014).


Porsi maskapainya adalah 65% pesawat Garuda Indonesia dan 35% maskapai selain Garuda Indonesia.


GMF bahkan mendapat mandat untuk merawat pesawat kepresidenan RI. "Ini semua under TNI AU, kita dapat pekerjaan perawatan karena registrasi TNI AU," kata Richard.


Untuk perawatan 'air force one' Indonesia, GMF tidak mengalami persoalan berarti. Richard menjelaskan pesawat kepresidenan tipe BBJ 2 serupa dengan pesawat Boeing 737-800 NG. GMF telah berpengalaman merawat pesawat tipe tersebut.


"Nggak ada masalah. Itu sama dengan pesawat Garuda 737-800," sebutnya.


Untuk melayani bisnis perawatan pesawat, GMF memiliki 3 hanggar raksasa di Cengkareng. Kapasitas perawatan pesawat akan bertambah ketika hanggar ke-4 yang sedang dibangun bisa dipakai. Pada September 2014, hanggar ke-4 telah siap memperkuat kapasitas GMF.Next


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!