Sempat Tertarik Beli Bank Mutiara, Pegadaian Pilih Bisnis Hotel

Jakarta -PT Pegadaian (Persero) sempat berencana untuk membeli PT Bank Mutiara Tbk (BCIC) dalam aksi korporasi jangka panjang. Akan tetapi, rencana tersebut dibatalkan dengan beberapa pertimbangan.

"Memang sempat diskusi tentang Bank Mutiara, tetapi setelah memperoleh paparan dari PT Danareksa selaku kuasa advisor Bank Mutiara, kami melakukan peninjauan kembali sehingga tidak ikutan," ungkap Direktur Utama Pegadaian Suwhono di kantor Cabang Pegadaian Bidara Cina, Jakarta Timur, Minggu (27/4/2014).


Salah satu pertimbangan Pegadaian adalah terkait kapasitas dan kemampuan sumber daya. Menurut Suwhono, lebih baik Pegadaian fokus pada rencana yang sudah ada dan memiliki bank menjadi prioritas selanjutnya.


"Pertimbangan kami adalah resourses yang ada. Kami konsen dulu ke rencana yang sudah ada," sebutnya.


Pegadaian saat ini tengah melakukan pengembangan bisnis perhotelan. Ini membutuhkan dana dan tenaga yang cukup besar. Suwhono pun tidak berani mengambil risiko bisnis hotel ini tidak berjalan optimal bila dilakukan secara bersamaan dengan bisnis bank.


"Kita mau bikin hotel, anak usaha lain. Itu kan perlu dana, padahal dana kami relatif terbatas. Kalau itu kita gunakan untuk yang lain maka tidak prioritas," kata Suwhono.


Suwhono menyatakan belum ada anggaran yang disiapkan untuk pembelian Bank Mutiara, termasuk dalam belanja modal 2014. "Kemarin baru penjajakan. Kalau pun direalisasi, prediksi saja, tidak tahun ini," imbuhnya.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!