Wijaya Karya Siapkan Rp 6 T untuk Mega Proyek 'Tol Listrik'

Jakarta -PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) akan menjadi salah satu investor dan kontraktor mega proyek jaringan transmisi listrik (tol listrik) Palembang-Medan sepanjang 1.120 Km. Saat ini WIKA tengah melakukan studi kelayakan atau feasibility Study (FS) untuk proyek tol listrik.

BUMN karya ini akan menggarap paket di area Sumatera Selatan. WIKA akan mengerjakan sesi I sepanjang 130 Km dengan anggaran senilai Rp 6 triliun.


"Nanti FS akhir tahun selesai. Kita satu sesi saja Rp 6 triliun untuk 130 Km," kata Direktur Utama WIKA, Bintang Perbowo usai acara BUMN Marketers Club di Menara Bidakara, Jakarta, Jumat (25/4/2014).


WIKA merupakan salah satu dari beberapa BUMN karya yang menerima penugasan Kementerian BUMN mengerjakan proyek transmisi listrik 500 KiloVolt jalur Palembang-Medan. Diakui Bintang pembangunan tol listrik sudah sangat mendesak untuk mengurai krisis listrik di Sumatera bagian utara.


"Ini kan harus cepat, karena kebutuhan listrik yang mendesak. Saat ini, Pemda-Pemda akan berusaha cari tempat tanahnya untuk jalur listrik," jelasnya.


Bintang menjelaskan untuk mempermudah pembebasan lahan, WIKA akan menggandeng BUMN perkebunan seperti PT Perkebunan Nusantara (PTPN) karena umumnya proyek tol listrik tersebut melalui lahan-lahan milik PTPN.


"Tanahnya PTPN lebih mudah. PTPN ikut sharing sih," sebutnya.Next


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!