Raup Untung Rp 100 Triliun, Apple Bagi-bagi Dividen Rp 8 Triliun

Jakarta -Apple Inc akan membagi-bagi dividen triwulanan sebesar US$ 3,29 (Rp 32.900) per lembar saham setelah raup untung US$ 10,2 miliar (Rp 102 triliun). Total dividen yang dibagikan setara 8% dari laba tersebut.

Total dividen yang akan dibagikan mencapai 8 triliun. Selain bagi-bagi dividen, Apple juga ingin memuaskan pemegang sahamnya dengan melakukan pembelian kembali (buyback) saham dengan dana tambahan senilai US$ 30 miliar (Rp 300 triliun) dari yang sebelumnya sudah disiapkan US$ 60 miliar (Rp 600 triliun).


CEO Apple Timothy D. Cook mengatakan, saham perusahaan yang didirikan almarhum Steve Jobs itu masih undervalue alias di bawah valuasi pasar. Sehingga aksi buyback ini diharapkan bisa naikkan kembali harga sahamnya yang pernah menembus rekor tertinggi di US$ 700 (Rp 7 juta) per lembar di September 2013 lalu.


"Kami percaya akan masa depan Apple dan sahamnya pasti akan terus menguat, maka dari itu program kami masih fokus para rencana pembelian kembali saham," ujar Cook seperti dikutip AFP, Kamis (24/4/2014).


Pada penutupan perdagangan Kamis waktu setempat, saham Apple ditutup malah turun tipis 1,31% ke level US$ 524,75 (Rp 5,2 juta) per lembar meski kinerja keuangannya positif.


"Kami juga senang Apple bisa kembali meningkatkan nilai dividen sampai dua kali dalam waktu kurang dari dua tahun," ujarnya.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!