Pemakaian A/C Melonjak, Beban Listrik Catat Rekor Tertinggi

Jakarta -Beban puncak listrik di sistem kelistrikan Jawa-Madura-Bali (Jamali) mencapai rekor tertinggi, yaitu 22.974 Megawatt (MW). Beban tertinggi itu terjadi pada Kamis (24/4/2014) jam 18.00 WIB. Sebelumnya beban tertinggi yang pernah dicapai adalah 22.567 MW pada 17 Oktober 2013 jam 19.00 WIB.

Hal tersebut terungkap dalam keterangan resmi dari PT PLN (Persero) yang diterima detikFinance, Sabtu (27/4/2014) malam. Kenaikan beban listrik tersebut diprediksi akibat faktor cuaca. Selama beberapa hari terakhir memang kondisi sangat panas sehingga memicu orang untuk menyalakan pendingin ruangan (A/C) lebih lama. Dalam rumah tangga, AC memang mengkonsumsi listrik paling besar.


PLN pun menghimbau para pelanggan untuk menghemat penggunaan listrik khususnya untuk pemakaian yang sifatnya konsumtif. Hal ini bisa dilakukan diantaranya dengan mematikan alat elektronik yang tidak diperlukan, seperti lampu yang tidak digunakan, televisi yang tidak ditonton, radio yang sedang tidak didengarkan dan lain-lain.


(rrd/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!