Siap-siap, Harga Elpiji 12 Kg Bakal Naik Bulan Ini

Jakarta -PT Pertamina (Persero) punya rencana menaikkan harga elpiji 12 kg pada awal tahun ini, tetapi tidak terlaksana. Rencana serupa yang tadinya akan dieksekusi 1 Juli 2014 pun tertunda.

Kini, Pertamina kembali punya wacana untuk menaikkan harga elpiji 12 kg pada pertengahan bulan ini.


"Kita putuskan di medio Agustus 2014 ini. Timing-nya masih kita kaji kapan. Nanti kalau sudah diputuskan, kami akan sampaikan ke masyarakat," ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir kala ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (13/8/2014).


Besaran kenaikan, lanjut Ali, akan sekitar Rp 1.000-1.500 per kg. Menurutnya, elpiji 12 kg merupakan barang non subsidi sehingga kebijakan menaikkan harga tidak perlu izin pemerintah. Ini murni aksi korporasi.


"Yang diperlukan adalah kita melaporkan kepada pemerintah. Pertamina selalu melaporkan rencana kenaikan ini kepada kementerian terkait," tutur Ali.


Selain itu, tambah Ali, pengguna elpiji 12 kg kebanyakan adalah kelompok masyarakat mampu. Oleh karena itu, dampaknya terhadap inflasi tidak akan signifikan.


"Pengguna elpiji 12 kg itu kelas menengah ke atas dan jumlahnya hanya 15% dari seluruh total pengguna elpiji. Kekhawatiran terjadi inflasi sudah dikaji, kecil sekali," papar Ali.


(hds/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!