Setelah Buka Toko di Tangerang, IKEA Bidik Jakarta

Jakarta -Hari ini (15/10/2014) peritel furnitur asal Swedia IKEA akan membuka toko pertamanya di Indonesia di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten. Sesuai rencana awal mereka, IKEA berencana membuka toko kedua di Indonesia, yaitu di Jakarta.

Hal ini pernah disampaikan oleh General Manager IKEA Indonesia Mark Magee, pada November 2013. "Yang kedua kita akan bangun di Jakarta, dan lebih murah dari toko yang pertama," kata Mark Magee di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, November lalu.


IKEA menggelontorkan investasi senilai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1 triliun untuk toko pertamanya di Alam Sutera. Menurut Magee, investasi toko keduanya bakal lebih murah meski di Jakarta.


"Karena kita tidak perlu membangun lagi head office kalau di sini (Jakarta)," katanya waktu itu.


Rencananya toko di Jakarta ini akan dibangun di lahan seluas 5 hektar atau lebih luas dari yang di Alam Sutera seluas 3,5 hektar. Namun, menurut Magee tidak mudah untuk mendapatkan lahan 5 hektar di kota sepadat Jakarta.


"Kita ingin membangun dekat dengan jalan tol, dan juga dekat persimpangan, karena kita ingin memiliki akses yang baik," ujarnya.


Rencananya realisasi pembangunan toko kedua di Jakarta ini akan dibangun setidaknya dua sampai tiga tahun setelah toko pertama beroperasi. "Kita ingin melihat bagaimana pasarnya setelah toko pertama beroperasi," katanya.


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!