Pengusaha Yakin Jokowi Bisa Bangun 1.000 Km Tol Dalam 5 Tahun

Jakarta -Presiden tepilih Joko Widodo dan pasangannya Jusuf Kalla memiliki program untuk membangun 3.000 km jalan baru. Pengusaha yakin duet ini bisa membangun jalan tol setidaknya 1.000 km pada masa pemerintahannya.

Ketua Asosiasi Jalan Tol Indonesia Fatchurahman menaruh harapan besar kepada Jokowi-JK. Dia optimistis, Jokowi-JK sangat memperhatikan pembangunan infrastruktur.


"Dalam 5 tahun ke depan bisa lebih banyak dari sebelumnya. Saya yakin," kata Fatchurahman kepada detikFinance, Minggu (19/10/2014).


Dalam 10 tahun terakhir, pembangunan jalan tol memang masih belum bergerak secara cepat. Dari data Kementerian Pekerjaan Umum, pembangunan jalan tol baru mencapai 193 kilometer yang terbagi menjadi 17 ruas.


Fatchurahman mengaku yakin, pemeritahan mendatang bisa membangun jalan tol paling tidak 1.000 km dalam periode 5 tahun.


"Rata-rata satu tahun 200 km, jadi 5 tahun 1.000 km. Namun dalam kurun waktu satu atau dua tahun ke depan harus bebaskan tanah dulu, yang sudah dibebaskan bisa (dibangun)," tuturnya.


Bukan tanpa alasan, Fatchrahman yakin, Jokowi bisa mempercepat proses pembebasan lahan yang selalu menjadi kendala utama dalam pembangunan jalan tol.


"Paling tidak menurut saya, masyarakat mempercayai Jokowi. Dengan kepercayaan itu, mungkin akan sedikit sekali yang menolak (untuk dibebaskan). Kepercayaann ini yang penting," tuturnya.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!