Pakai Istilah Sepakbola, Mendag Lutfi Sebut CT Seperti Libero

Jakarta -Menjalani tugas sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian selama 5 bulan, Chairul Tanjung (CT) mendapat kesan tersendiri bagi para menteri-menteri ekonomi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menilai peran CT sebagai menteri seperti seorang libero dalam tim sepakbola. Tugas libero dalam kesebelasan sepakbola sebagai benteng terakhir sebelum pemain lawan berhadapan dengan penjaga gawang.


"Saya bilang waktu sama Pak CT ini sampai hari terakhir momentumnya jalan. Balik seperti sepakbola di dalam permainan ada yang namanya libero pemain tengah," kata Lutfi saat ditemui di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Jumat (17/10/2014).


Lutfi juga menegaskan peran CT sebagai libero tidak hanya pandai bertahan tetapi juga bisa membangun serangan. Ia mengungkapkan banyak kemajuan kinerja menteri ekonomi saat bidang koordinasi perekonomian dipimpin oleh CT.


"Nah bang CT ini libero yang bukan hanya libero yang bagus tetapi yang fresh. Sehingga aliran bola berjalan dengan baik. Pak CT ini libero yang baik. Pemimpin penyerangan untuk ekspor dan bertahan untuk bisa memimpin perdagangan dalam negeri," paparnya.


Di tempat yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menilai saat kendali Menko Perekonomian dijabat oleh CT banyak kemajuan signifikan. Suswono melukiskan CT adalah sosok pekerja keras. Bahkan Suswono menilai CT layak kembali menjabat Menko di pemerintahan mendatang.


"CT itu orang eksekutor penuh ya, dia cepat mengambil keputusan. Setiap rapat selalu ada yang hasil. Ada akselerasi. Saya melihat beliau cocok menjadi Menko selanjutnya," katanya.


Sejak 19 Mei 2014, atau 5 bulan lalu CT menggantikan Hatta Rajasa sebagai menko perekonomian. Jumat ini merupakan hari kerja terakhir bagi CT dan menteri di bawah Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!