Ini Pesan CT Soal Menteri ESDM di Kabinet Jokowi

Jakarta -Chairul Tanjung akan menyelesaikan tugasnya sebagai menteri di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 20 Oktober 2014. Di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, pria yang akrab disapa CT ini menjabat sebagai Menko Perekonomian, Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Plt Menteri Kehutanan.

"Tanggal 20 Oktober, sudah ada pemerintahan baru. Seluruh kebijakan yang dilakukan pemerintahan baru harus kita dukung," kata CT di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (17/10/2014).


Sektor ESDM, lanjut CT, sangat strategis bagi negara. Oleh karena itu, CT berpesan kepada pemerintahan baru di bawah pimpinan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk memperhatikan sektor ini.


"Sektor ini punya peran besar dalam penerimaan negara. Kemudian, sektor ini juga sangat berguna untuk digunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," tuturnya.


Selain itu, tambah CT, sektor ESDM berperan besar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju. "Salah satu syarat untuk menjadi negara maju adalah punya listrik banyak," ujarnya.


Oleh karena itu, CT berpesan agar Jokowi menampatkan figur yang tepat untuk menjadi Menteri ESDM. Dia pun menyebutkan sejumlah syarat utama.


"Pesan saya, taruh orang yang kompeten, integritasnya tidak tercela, tidak punya conflict of interest, punya kemampuan dan ahli di bidangnya, serta mengerti masalah," jelasnya.


Namun CT enggan menyebutkan nama yang cocok menjadi Menteri ESDM di kabinet Jokowi. "Sulit kalau menyebut orang. Saya tidak tahu," sebutnya.


(hds/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!