Selesai Tugas Jadi Menteri, CT: Saya Mau Kembali ke Dunia Usaha

Jakarta -Chairul Tanjung (CT) menegaskan dirinya akan kembali menjadi pengusaha dan mengurus usaha-usahanya pasca menjalankan tugas sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Sejak 19 Mei 2014, atau 5 bulan lalu pria yang biasa disapa CT ini menggantikan Hatta Rajasa sebagai menko perekonomian. Jumat ini merupakan hari kerja terakhir bagi CT dan menteri di bawah Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.


"Kalau saya kan sudah menyampaikan sejak dari awal bahwa saya akan kembali ke dunia saya karena saya punya tanggung jawab yang harus diselesaikan," kata CT di Kantor Menko, Jakarta, Jumat (17/10/2014).


Saat ditanya sosok yang tepat mengisi posisi Menteri Koordinator Ekonomi, CT menilai pasangan Jokowi-JK telah paham siapa orang yang tepat mengisi kursi menko ekonomi.


"Kita serahkan saja kepada Pak Jokowi dan Pak JK sebagai presiden dan wapres terpilih tentu dia sangat mengetahui siapa kira-kira orang yang paling pas untuk menduduki posisi menko," ujarnya.


Meski menyerahkan ke Jokowi dan JK, CT berpendapat menteri di bidang ekonomi setidaknya harus memiliki kecakapan manajemen dan kepemimpinan yang mumpuni. Selain itu, sosok menteri harus lepas dari konflik kepentingan.


"Kalau nggak punya leadership. Dia punya conflict of interest, dia nggak mampu. Itu menjadi pertimbangan," jelasnya.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!