Pramugari Kereta Ekonomi Bisa Gajian Rp 7 Juta/Bulan

Jakarta -PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan pramugari-pramugari berwajah cantik pada perjalanan kereta ekonomi AC, bisnis dan eksekutif. Seperti yang ditemui pada saat peluncuran KA Ekonomi AC Jayabaya jurusan Pasar Senen-Malang PP.

Pramugari-pramugari tersebut umumnya berusia 20 tahunan. Meski masih berusia muda, pramugari tersebut bisa memperoleh gaji bulanan mencapai Rp 7 juta.


"Gaji pokok Rp 4 juta, belum sama tunjangan dan insentif, ya totalnya bisa nerima Rp 5 juta sampai Rp 7 juta per bulan," kata salah seorang pramugari KA Ekonomi AC bernama Dara Ananda di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (18/10/2014).


Dengan senyum nan ramah dan berwajah cantik, pramugari kereta siap menyambut para penumpang di pintu kereta. Pramugari ini juga akan melayani atau penumpang selama perjalanan layaknya pramugari di pesawat udara.


"Kita jalan melayani kebutuhan. Apa butuh makan dan minum. Ada yang sakit, kita coba bantu. Kalau ada pertanyaan kita menjawab atau memberi tahu sudah sampai stasiun mana," kata salah satu rekan Dara bernama Agnes.


Dara menerangkan setiap rangkaian kereta dilayani oleh 2 orang pramugari dan 2 orang pramugara. Ia bekerja dengan sistem shift atau pergantian untuk rute tertentu.


"Saya biasa ditaruh di KA eksekutif. Kalau KA ekonomi kuning belum ada pramugari atau pramugara. Yang sudah ada di KA eksekutif, bisnis dan ekonomi AC," paparnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!