Tak Jadi Pejabat, Mendag Lutfi Balik Jadi Pengusaha dan Bayu Kembali ke IPB

Jakarta -Masa jabatan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II segera berakhir pada 20 Oktober 2014. Masing-masing menteri mulai berpamitan termasuk Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, dan wakilnya Bayu Krisnamurthi.

Lutfi mengungkapkan ia akan kembali menjadi orang biasa alias kembali jadi pengusaha yang sempat digelutinya. Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini sempat juga menjadi dubes RI untuk Jepang dan Kepala BKPM.


"Kamu lihat rambut saya ini (rambut hitam) dengan rambut saya sekarang (rambut putih). Saya akan menjaga rambut saya yang ini (rambut hitam)," ungkap Lutfi saat ditemui di Gedung Utama Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (17/10/2014).


Lutfi juga dengan tegas tidak akan bersedia menerima tawaran jabatan sebagai menteri perdagangan di era pemerintahan Jokowi-JK. "Tidak," tegas Lutfi.


Namun sebelum itu, menurut informasi yang didapat, Lutfi dan keluarga akan segera terbang ke Jepang untuk berlibur. Bahkan Lutfi sudah membeli tiket pesawat mulai tanggal 21 Oktober 2014.


Sementara itu di tempat yang sama, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengungkapkan ia akan kembali menekuni profesi lama sebagai seorang dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB). Bayu mengatakan akan menceritakan semua pengalaman pribadi sebagai seorang wakil menteri perdagangan kepada mahasiswanya.


"Iya, saya akan menjadi dosen kembali di IPB mengajar agribisnis dan ekonomi pertanian. Pengalaman yang banyak ini akan saya share kepada mahasiswa. Banyak sekali pengalaman saya seperti kunjungan ke pasar, menghadapi masalah mengapa begini begitu," tukas Bayu.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!