Pasar Tanah Abang Mendunia Gara-gara Bos Facebook, Ini Kata Pengusaha

Jakarta -Peristiwa 'blusukan' bos Facebook Mark Zuckerberg bersama Jokowi ke Pasar Tanah Abang, Senin (13/10/2014) lalu telah mengangkat nama pasar grosir terbesar di Indonesia tersebut mendunia. Hal ini pun menjadi perhatian pengusaha di Jakarta, khususnya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Ketua DPD Hipmi DKI Jakarta Raya Rama Datau mengatakan mengatakan aksi blusukan Jokowi mengajak bos Facebook bisa dimaknai positif bagaimana strategi calon orang nomor satu di Indonesia itu memasarkan Pasar Tanah Abang ke pentas dunia.


Menurutnya pasca peristiwa tersebut, orang-orang yang punya Facebook di seluruh dunia menjadi tahu dan bisa penasaran dengan pasar yang berlokasi di Jakarta Pusat tersebut.


"Dengan bos Facebook ke situ, nama Pasar Tanah Abang jadi naik, hanya setelah itu pemerintah harus menindaklanjutinya," kata Rama saat berkunjung ke kantor detikcom, Jakarta, Jumat (17/10/2014)


Rama yang juga Sales & Marketing Director PT Gobel Dharma Nusantara ini mengatakan perlu pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan pemerintah DKI Jakarta. Ia mencontohkan infrastruktur yang mendukung akses pejalan kaki yang nyaman dan lebih lebar, meskipun persoalan kemacetan pun di kawasan Tanah Abang tetap perlu dibenahi.


Ia berharap pamor Pasar Tanah Abang bisa makin ngetop layaknya Pasar Mustafa di Singapura. Mustafa Centre merupakan pusat perbelanjaan berharga miring di kawasan Little India, pasar ini juga terkenal dengan belanja di malam hari.


"Jadi gimana selanjutnya ditindaklanjuti, kita harus melihat Singapura mengembangkan kawasan Mustafa," kata Rama.


Bos Facebook Mark Zuckerberg terkesan dengan Pasar Tanah Abang, Mark pun mengunggah foto blusukannya ke akun Facebook pribadinya, Senin lalu, Mark meng-update laman Facebook-nya sekitar pukul 20.00 WIB, Senin (13/10/2014).


Di foto yang dipajangnya itu, Zuck dan Jokowi tampak berbincang-bincang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Keduanya tampak berbincang akrab.


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!