Heboh Penggusuran PKL Pasar 'Gaul' Santa, Muncul Spanduk Duka Cita

Jakarta -Aksi penggusuran terhadap 15 pedagang kaki lima (PKL), Minggu pagi (15/2/2015) memunculkan aksi solidaritas para pedagang. Yang menarik, solidaritas tersebut muncul dari para pemilik kafe di Pasar Santa.

Pasar Santa berada di Jalan Cipaku I, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pasar ini sering disebut pasar gaul, terutama karena pedagang-pedagang di lantai 3. Aksi solidaritas penggusuran sempat heboh di media sosial.


Semenjak hadirnya kafe-kafe 'gaul', Pasar Santa berubah wajah, kini parkiran pasar penuh dengan kendaraan roda empat, bahkan jenis mobil mewah. Menurut pengakuan pedagang, enggusuran untuk memperluas area parkir yang sempit, karena keberadaan PKL di sekitar pasar.


Menurut Tomo, pedagang kelontong yang lokasinya di dalam pasar, para pedagang kreatif di lantai 3 melakukan aksi solidaritas, yang keberatan dengan aksi penggusuran oleh pihak kelurahan, kecamatan, dan suku dinas perdagangan.


Bahkan di ujung tangga lantai 3, kini ada sebuah spanduk solidaritas yang bertuliskan: Tolong Jangan Gusur Pedagang Lama, Kita Keluarga!


Dari pantauan detikFinace, lokasi spanduk yang berada di lantai 3, tak terlihat aktivitas usaha di lantai teratas pasar yang dikelola PD Pasar Jaya ini. Para pedagang usaha kreatif termasuk kuliner, membuka tokonya hanya Rabu-Minggu, sedangkan Senin dan Selasa tutup.


"Itu sebagai bentuk solidaritas dari pedagang-pedagang yang di dalam pasar. Terutama pedagang-pedagang kreatif yang di atas, karena sebetulnya PKL itu, yang dari awal udah menghidupi Pasar Santa ini," tutur Tomo yang kakaknya seorang PKL yang terkena gusur, kepada detikFinance, Senin (16/2/2015).


Tomo mengaku, kakaknya sudah puluhan tahun berdagang di Pasar Santa. Pada masa lalu, kondisi pasar ini sangat sederhana, namun kini sudah jauh lebih baik dan tertata.


"Para pedagang PKL ada yang sudah 30 tahun lebih berjualan. Makanya kami juga merasa berduka karena ada penggusuran," katanya.


(hen/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com