Banyak Penawaran, Perusahaan Travel Banting Harga Jelang Lebaran

Jakarta - Banyaknya penawaran jasa travel menjelang Lebaran membuat sebagian perusahaan travel banting harga. Koordinator Pengembangan Usaha Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jakarta Pauline Suharno mengatakan banyak sekali perusahaan-perusahaan travel yang sengaja banting harga agar tidak kalah bersaing.

"Banyak, banyak sekali ya tapi yang ticketing yang banyak banting-banting harga,” kata Pauline kepada detikFinance, di Jakarta, Senin (15/7/2013).


Ia menjelaskan, fenomena banting harga tersebut dianggap wajar sejauh tidak berlebihan hingga sampai pada persaingan ‘tidak sehat’.


"Misalkan saja di Cideng, Jakarta Pusat ini, sepanjang Cideng ini itu kan travel agen bisa 30 travel agen dalam radius beberapa meter, jadi mereka bersaing dalam produk masing-masing dan juga dalam segi pelayanan, dari segi harga juga misalkan Jakarta-Singapura ada yang mengambil margin profit mulai Rp 30 ribu sampai Rp 100 ribu,”" terangnya.


Agar persaingan bisnis tetap sehat, pihaknya akan mencoba menerapkan batasan minimum harga tiket yang nantinya akan diterapkan kepada masing-masing agen perjalanan di bawah naungan Asita.


“Kita sih akan mencoba, baru wacana karena banyaknya banting-banting harga, kita mengimbau untuk menerapkan batasan sekian, tapi kita belum menerapkan karena kita kan nggak bisa memaksa, karena itu kan bisa dilaporin ke KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), tapi kita kan bisa mengimbau idealnya sekian,” ujar Pauline.


(hen/hen)