Ini Titik Kerusakan Terparah di Jalan Pantura

Brebes - Jelang Lebaran 2013, beberapa titik di jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa masih dalam perbaikan karena mengalami kerusakan parah. Setidaknya ada 3 titik yang menjadi fokus perbaikan kementerian pekerjaan umum.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengungkapkan 3 titik perbaikan yang dilakukan berada di daerah Subang (Jawa Barat), Kendal (Jawa Tengah), dan titik kerusakan paling parah di Pejagan (Brebes Jawa Tengah). Djoko mengungkapkan keseluruhan perbaikan dilakukan dengan cara mengecor jalan yang sudah rusak.


"Ada 3 titik, di Subang, di Mangkang Kendal, yang paling parah Pejagan," kata Djoko saat ditemui di Km 93 Pejagan, Brebes, Selasa (16/7/2013).


Kini kemacetan tak bisa dihindari di ruas Pejagan yang sedang diperbaiki. Djoko mengatakan, ruas Pejagan sepanjang 380 meter sedang dilakukan pengecoran sementarta untuk membuka akses mudik Lebaran agar lebih fungsional. Setelah Lebaran, jalan ini akan kembali diperbaiki sepanjang 2 Km sesuai dengan rencana awal.


"Tanggal 20-25 ini akan bisa fungsional. Seharusnya ini dilakukan sepanjang 2 Km, namun karena Lebaran kita tidak mau menganggu. Jadi kita cor hanya 380 meter," katanya.


Anggaran pemerintah untuk menangani jalur pantura tahun ini mencapai Rp 1,28 triliun untuk jalur pantura dengan total panjangnya mencapai 1.300 Km yang digunakan untuk pemeliharaan dan perbaikan.


"Anggarannya tahun ini Rp 1,28 triliun, itu dibagi-bagi tiap provinsi," katanya.


(zul/hen)