Jelang Lebaran, Transaksi ATM Bersama Bakal Meningkat 30%

Jakarta - Penyedia jaringan infrastruktur ATM Bersama, PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) menargetkan volume transaksi akan meningkat hingga 30% menjelang lebaran tahun ini. Dalam 15 hari saja sejak diberlakukan, transaksi layanan transfer antarprinsipal melalui ATM Bersama mencapai 21 ribu transaksi dengan nilai Rp 62 miliar dalam 15 hari.

"Menjelang lebaran volume transaksi akan meningkat 30% dari rata-rata bulanan transaksi. Kita sudah menyiapkan kapasitas 3 kali lipat dan mudah-mudahan juga diikuti bank-bank lain," kata Direktur Utama Artajasa Arya Damar saat acara konferensi pers di Hotel Mandarin, Jakarta, Rabu (31/7/2013).


Terkait hal itu, dia mengungkapkan telah melakukan koordinasi secara insentif dengan anggota ATM Bersama bahkan telah dilakukan sejak H-14 sebelum Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu, kata dia, untuk memastikan jaringan ATM Bersama terus termonitor antara Artajasa dan Anggota ATM Bersama, pihaknya telah menyiapkan Person in Charge (PIC) masing-masing.


"Dari pengalaman tahun ke tahun, Anggota ATM Bersama telah siap dengan skema penyiapan PIC seperti ini demi kenyamanan nasabah," ujarnyam


Selain itu, Anggota ATM Bersama juga secara rutin selalu melakukan Capacity Planning yang dipastikan telah siap untuk menghadapi peningkatan transaksi menjelang lebaran.


Hal lain, kata dia, Artajasa juga telah menyiapkan mesin switching yang dapat menampung transaksi hingga tiga kali lipat sehingga dipastikan sistem Artajasa akan tetap online bila terjadi lonjakan transaksi.


"Kita imbau agar Anggota ATM Bersama dapat mencukupi ketersediaan uang hingga tiga kali lipat lebih banyak dari hari biasa pada setiap terminal ATM," kata dia.


(dru/dru)