Proyek Jembatan Selat Sunda Bakal Ditawarkan Lewat Pameran

Jakarta - Pameran Indonesia Infrastructure Conference and Exhibition (IIICE) akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 13-15 November 2013. Proyek-proyek infrastruktur besar termasuk Jembatan Selat Sunda (JSS) akan ditawarkan.

"Di pameran IIICE Kementerian PU akan menawarkan proyek-proyek jalan tol, proyek lainnya termasuk JSS juga nanti bisa kita tawarkan ke investor dalam pameran itu," ucap Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto saat ditemui di Kantor Kementerian PU, Jakarta, Rabu (17/7/2013).


Proyek JSS yang diperkirakan membutuhkan dana hingga Rp 200 triliun ini saat ini masih dalam tahap pembuatan kajian kelayakan atau feasibility study (FS). Kajian ini akan dibuat oleh pemrakarsa yakni Artha Graha dengan menggandeng BUMN.


"Sudah diputuskan pemerintah, karena ini proyek besar, siapapun yang melakukan FS harus mengandeng BUMN, share-nya berapa persen, silakan BUMN dan investornya diputuskan sesuai business to business," kata Djoko.


Sebelumnya, Deputi Perencanaan Infrastruktur dan Regional Kemenko Perekonomian Luky Eko Wuryanto mengatakan ada 56 proyek tersebut terdiri dari proyek jalan tol, bandara, pelabuhan, dan broadband yang ditawarkan dalam pameran ini.


"Ini 56 proyek yang penting bagi perencanaan MP3EI. IIICE merupakan pameran terbesar di Indonesia yang akan mempromosikan agenda MP3EI," ungkap Luky.


Beberapa proyek yang akan ditampilkan adalah pelabuhan Kuala Tanjung (Sumatera Utara), Pelabuhan Bitung (Sulawesi Utara), dan proyek Air minum Umbulan (Jawa Timur). Sebagian proyek tersebut akan menggunakan skema Public Private Parnertship (PPP).


"Jadi ini setengahnya dari proyek-proyek itu akan ditampilkan guna mengumpulkan tanggapan untuk peninjauan dan pengemasan ulang. Setengah sisanya akan dibawa, disiapkan untuk tender dan dijadwalkan untuk implementasi pada 2014-2017," jelas Luky.


(rrd/dnl)