Hotel Hilton Bidik Rp 23,7 Triliun dari Jual Saham di Bursa

Jakarta -Hilton Worldwide Inc membidik dana US$ 2,37 miliar (Rp 23,7 triliun) melalui penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO). Ini menjadi IPO hotel dengan raupan dana terbesar di dunia.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (3/12/2013), Hilton yang mayoritas sahamnya dipegang Blackstone Group LP itu akan punya kapitalisasi pasar sekitar US$ 20,7 miliar (Rp 207 triliun) jika melihat kisaran harga sahamnya.


Namun perusahaan belum menyebut kapan aksi korporasi itu akan berlangsung, apakah akhir tahun ini atau tahun depan. IPO dengan nilai terbesar di industri hotel sebelumnya dipegang oleh Hyatt Hotels Corp dengan dana sekitar US$ 950 juta (Rp 9,5 triliun) di 2009 silam.


Blackstone membeli seluruh saham Hilton dari bursa dan membuatnya menjadi perusahaan tertutup pada 2007 dengan nilai US$ 26,7 miliar (Rp 267 triliun). Aksi beli saham tersebut merupakan yang terbesar sebelum terjadinya krisis finansial 2008.


Blackstone tidak akan melepas seluruh saham Hilton saat IPO nanti. Perusahaan investasi itu tetap pegang 76,2% kepemilikan saham setelah IPO.


Sebanyak 112,8 juta lembar (11,5%) saham Hilton akan dijual antara US$ 18 sampai US$ 21 per lembar berdasarkan dokumen yang dikirimkan kepada Securities and Exchange Commission (SEC).


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!