Dikritik DPR Akuisisi Sumur Minyak di Luar Negeri, Ini Jawaban Bos Pertamina

Jakarta -PT Pertamina (Persero) gencar mengakuisisi blok-blok minyak dan gas di luar negeri. Pihak Pertamina punya alasan kenapa mencari minyak di luar negeri.

Aksi Pertamina mengakuisisi blok atau sumur minyak dan gas di luar negeri sempat mendapat kritikan dari salah seorang Anggota Komisi VI DPR, dengan ungkapan: 'Burung di Domestik Dilepas, Tapi Burung di Luar Negeri Ditangkap'. Namun kritikan ini langsung dijawab Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan.


"Saya agak tergelitik mendengar ungkapan Bapak (salah satu Anggota Komisi VI DPR), kok burung di domestik dilepas, burung di luar negeri ditangkap," kata Karen dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (5/12/2013).


Karen mengungkapkan, walaupun seluruh blok minyak di Indonesia saat ini diserahkan semuanya ke Pertamina, tetap tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar di dalam negeri.


"Produksi minyak kita itu equivalen hanya 2,2 juta kilo liter, dan dari jumlah tersebut minyaknya hanya 840.000 barel per hari, mau seluruh blok diberikan ke Pertamina, produksinya juga tidak cukup, mau sampai kapanpun kita tergantung negara lain akan minyaknya," tegas Karen.


Lewat akuisisi blok minyak dan gas di luar negeri, diharapkan ada tambahan produksi minyak yang ujungnya dapat mengurangi impor BBM.


"Itulah mengapa kita akusisi di Alzajair dan lainnya," tutup Karen.


Pertamina memang cukup gencar melakukan akuisisi aset-aset migas. Pada Kamis 28 November 2011 lalu, Pertamina mengakuisisi unit bisnis ConocoPhillips di Aljazair yang bernama ConocoPhillips Algeria Limited (COPAL). Nilai akuisisi mencapai US$ 1,75 miliar atau sekitar Rp 17,5 triliun.


Lalu, Pertamina lewat anak usahanya yaitu PT Pertamina Irak Eksplorasi Produksi, juga membeli 10% saham atau hak partisipasi di blok minyak West Qurna I Irak milik ExxonMobil Irak Limited.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!